Aptrindo & LoginX Akan Gelar Webinar ‘Innovation Supply Chain’

17 March 2021
Diperbarui 17 March 2021

Perkembangan teknologi informasi dan munculnya pandemi virus Corona (Covid-19) yang melanda dunia dalam beberapa bulan ini telah memutar-balikkan seluruh tatanan dunia.

Perubahan yang terjadi begitu dahsyat dan nyaris melumpuhkan seluruh sendi perekonomian seluruh negara di dunia. Pandemik yang dimulai pada awal tahun 2020 mengakibatkan perubahan pada seluruh tatanan kegiatan manusia, baik ekonomi, politik, sosial budaya dan disadari juga akan membawa dampak sangat berat pada aspek pertahanan-keamanan bangsa.

Tantangan yang muncul sedemikian berat, seluruh praktek bisnis tidak dapat lagi dilakukan secara business as usual. Common practice yang telah dipakai beberap dekade mau tidak mau harus dirubah untuk menjawab dinamika dan tantangan yang dihadapi.

Seluruh pihak dipaksa untuk mensiasati tantangan yang ada untuk mampu tetap bertahan. Tantangan yang muncul harus diidentifikasi dengan tepat agar dapat ditentukan opsi solusi yang paling mungkin dipakai. Inovasi harus dikembangkan untuk menjawab tantangan yang muncul.

Padahal, Industri logistik & transportasi merupakan salah satu soko guru perekonomian yang sangat penting dan vital bagi sebuah negara. Hambatan dalam aspek logistik & transportasi akan sangat berdampak pada seluruh sendi perekonomian negara.

Tantangan yang dihadapi oleh industri logistik & transportasi jelas tidak ringan. Masalah-masalah yang dihadapi sebelumnya masih belum dientaskan, muncul tantangan baru yang sangat berat. Akurasi identifikasi masalah yang dihadapi sangat menentukan akurasi penentuan opsi solusi yang akan diambil.

Seluruh aktifitas bisnis dalam industri transportasi & logistik harus mulai menggunakan teknologi atau digitalisasi sebagai inovasi untuk tetap eksis. Inovasi yang dilakukan harus mampu memberikan perbedaan (diferensiasi) layanan yang ditawarkan kepada pelanggan.

Inovasi yang mampu menjadi solusi masalah yang dihadapi oleh perusahaan maupun pelanggan. Bisnis transportasi seluruhnya akan terdigitalisasi, mulai dari distribusi BBM bersubsidi, kegiatan logistik pelabuhan, kegiatan logistik diluar pelabuhan, kegiatan warehouse & distribution. Semua aspek akan menggunakan digitalisasi.

Cepat atau lambat, tanpa melakukan digitalisasi tidak akan bisa berbisnis. Sektor bisnis transportasi & logistik adalah salah satu bisnis yang sangat terkait dan membutuhkan penerapan digitalisasi untuk mampu bersaing maju.

Inovasi digitalisasi tersebut akan mampu memberikan solusi bagi perusahaan dan pelanggan, yang mampu meningkatkan efisiensi dan produktifitas seluruh pihak serta mampu menciptakan nilai tambah dalam kegiatan logistik & transportasi.

WhatsApp Image 2021 03 16 at 09.48.55

Berangkat dari hal tersebut, Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrido) dan LoginX, akan menggelar  Webinar via ZOOM Meeting dan YouTUBE Channel Live Streaming, pada Kamis (18/3/2021).

Diskusi secara virtual itu diharapkan dapat memperoleh pemahaman yang benar mengenai perlunya mengenali tantangan yang dihadapi dalam era digital di industri logistik & transportasi.

Selain itu, bagaimana solusi pengembangan pelatihan pengemudi angkutan barang dalam menjawab permasalahan penyediaan pengemudi angkutan logistik di Indonesia, dan perlunya penerapan digitalisasi yang tepat untuk menjawab tantangan yang ada.

Diskusi juga diharapkan dapat menyosialisasikan Undang-undang No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan Peraturan Pemerintah No. 83 Tahun 2019 tentang Penyediaan Tenaga Teknis yang Kompeten di Bidang Perdagangan Jasa.

LABEL : none

BAGIKAN ARTIKEL

Subscribe
Notify of
2 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Parlinggoman batubara
6 months ago

Melihat perkembangan dunia usaha dan semakin pesatnya kebutuhan truk, terutama di Sumatera Utara sangat penting buat aptrindo untuk membuka DPD nya di Sumatera utara. Terimah kasih. Bila bapak/ibu bersedia saya ikut berpartisipasi di Sumatra Utara.

BERITA TERKAIT

KANTOR PUSAT
GRAHA APTRINDO

Jl. Raya Sulawesi No.23

Tanjung Priok, Jakarta Utara 14310

Telp : 02143900464 / Fax : 02143900465
Lihat Peta
LAINNYA
LEGALITAS
Asosiasi berbadan hukum resmi terdaftar di KEMENKUMHAM berdasarkan SK AHU-00667.60.10.2014
Hak Cipta © 2021 Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia
magnifiercrosschevron-upchevron-down