LSP-LIP & BNSP, Pacu Kompetensi SDM Logistik

27 October 2021
Diperbarui 27 October 2021

Pemerintah melalui badan nasional sertifikasi profesi (BNSP) diharapkan dapat ikut terus membantu melakukan sosialisasi kepada dunia usaha mengenai pentingnya SDM yang kompeten dan mengikuti Sertifikasi Profesi.

Hal ini sesuai amanat dalam UU No. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan dan PP No.83 tahun 2019 tentang Penyediaan Tenaga Kerja Bersertifikat Kompetensi untuk memajukan SDM Indonesia.

Demikian disampaikan Dirut Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Logistik Insan Prima (LIP), Henry Ruswoto saat acara Seremonial Penyerahan Sertifikat Kompetensi Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja 2021 (PSKK 2021) yang dilaksanakan LSP-LIP dan BNSP, di Jakarta pada Senin (25/10/2021).

Turut hadir pada kesempatan tersebut antaralain; Ketua BNSP Kunjung Masehat, Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO) Gemilang Tarigan, Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA) Yukki Nugrahawan Hanafi, Wakil Ketua Umum DPP ALFI/ILFA Hary Sutanto, dan Ketua Umum DPP Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI) Muslan AR.

Selain itu, Manajemen dan perwakilan PT. Dunex Transindo, Manajemen dan perwakilan PT. SGL. Adapun peserta secara online diikuti para anggota asosiasi (APTRINDO, ALFI/ILFA, ASDEKI), dan Team LSP-LIP.

Pada kesempatan tersebut, Henry  juga mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap kegiatan Uji Kompetensi paket Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja 2021 (PSKK 2021) melalui LSP-LIP.

“Sebagai kelanjutan komitmen dan partisipasi yang baik ini, LSP-LIP dapat tetap ikut berpartisipasi pada tahun 2022 dalam program PSKK dan kembali memperoleh alokasi paket PSKK terutama paket sertifikasi Pengemudi Angkutan Barang,” ucapnya.

Henry mengemukakan, program sertifikasi itu penting sekali dalam industri transportasi dalam peningkatan skill dan kompetensi SDM pengemudi truk angkutan barang untuk meningkatkan keselamatan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas truk angkutan barang.

Selain itu, imbuhnya, program sertifikasi penting sekali dalam industri logistics-freight forwarding-supply chain dalam peningkatan knowledge,skill maupun kompetensi SDM logistik Indonesia yang surplus demografi, agar mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri dalam menyambut era pasar regional-global (MEA) serta industry 4.0.(am)

LABEL : , , , , ,

BAGIKAN ARTIKEL

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BERITA TERKAIT

KANTOR PUSAT
GRAHA APTRINDO

Jl. Raya Sulawesi No.23

Tanjung Priok, Jakarta Utara 14310

Telp : 02143900464 / Fax : 02143900465
Lihat Peta
LAINNYA
LEGALITAS
Asosiasi berbadan hukum resmi terdaftar di KEMENKUMHAM berdasarkan SK AHU-00667.60.10.2014
Hak Cipta © 2021 Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia
magnifiercrosschevron-upchevron-down