Pelindo III Tertibkan Parkir Liar

39
16 June 2021
Diperbarui 16 June 2021

Surabaya – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Persero bakal menertibkan parkir liar truk/trailer di Jalan Tanjung Batu Surabaya. Penertiban tersebut sebagai wujud langkah konkrit pelabuhan berperan penting dalam mendukung kelancaran arus logistik nasional.

Parkir liar disepanjang Jalan Tanjung Batu Surabaya. ariaptrindo sby
Parkir liar disepanjang Jalan Tanjung Batu Surabaya. (ari/aptrindo_sby)

“Tertatanya lingkungan dengan tertib maka otomatis kondusifitas terjaga. Sehingga masalah lain (premanisme) bisa tereliminir,” tegas Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo III (Persero), Putut Sri Muljanto kepada Aptrindo Surabaya di Surabaya, Selasa (15/6/2021).

Putut mengatakan keadaan semrawut yang berlangsung sudah tahunan itu seperti parkir liar, warung atau usaha lain yang tidak pada tempatnya atau kegiatan lain yang bisa menghambat kelancaran lalu lintas barang.

“Kami tengah mencari solusi yang baik dan tepat dengan mengoptimalkan lahan transit area di jalan itu. Sehingga kemungkinan terjadi hal-hal lain bisa cepat teratasi,” katanya.

Akses masuk jalan Tanjung Batu yang terbendung oleh pakir liar. ariaptrindo sby
Akses masuk jalan Tanjung Batu yang terbendung oleh pakir liar. (ari/aptrindo_sby)

Senada dengan Putut, Ketua DPC Aptrindo Surabaya, Putra Lingga menilai, parkir liar truk/trailer di Jalan Tanjung Batu tersebut sangat mengganggu kelancaran lalu lintas barang.

“Kondisi itu jangan sampai menunggu korban karena lebar hanya 6 meter dilalui dua jalur truk trailer sehingga terjadi penyempitan jalan,” menurutnya.

Putra Lingga juga mengusulkan kepada Pelindo III untuk mendirikan portal ketinggian kendaraan agar truk maupun trailer tidak menggunakan akses keluar kendaraan.

“Truk sebaiknya masuk Jalan Laksada M. Nasir depan Bundaran Tol Perak. Dengan begitu tidak ada crossing kendaraan di akses masuk kendaraan kecil,” usul Putra Lingga.

Diketahui, kondisi di Jalan Tanjung Batu tersebut rawan menyebabkan kecelakaan karena fungsi akses masuk berubah menjadi lahan parkir sehingga tikungan jalan yang sedianya untuk akses kekuar digunakan akses masuk semua jenis kendaraan.

Tidak hanya itu, sepanjang badan jalan Tanjung Batu digunakan parkir truk/trailer baik di sisi kanan maupun kiri. Selain itu, kegiatan usaha perbaikan kendaraan menambah tidak sedapnya pemandangan di jalan tersebut.

Truk trailer crossing dengan kendaraan lainnya saat masuk di akses keluar jalan Tanjung Batu Surabaya. ariaptrindo sby

Laporan keluhan anggota Aptrindo Surabaya ini tentang parkir liar di trotoar dan badan jalan Tanjung Batu mendapat perhatian yang serius Pelindo III (Persero) untuk segera ditindaklanjuti. Mengingat kemacetan lalu lintas dan barang di jalan tersebut bakal menjadi peluang adanya aksi premanisme dan kecelakaan lalu lintas. (ari/aptrindo_sby)

LABEL : , ,

BAGIKAN ARTIKEL

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BERITA TERKAIT

KANTOR PUSAT
GRAHA APTRINDO

Jl. Raya Sulawesi No.23

Tanjung Priok, Jakarta Utara 14310

Telp : 02143900464 / Fax : 02143900465
Lihat Peta
LAINNYA
LEGALITAS
Asosiasi berbadan hukum resmi terdaftar di KEMENKUMHAM berdasarkan SK AHU-00667.60.10.2014
Hak Cipta © 2021 Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia
magnifiercrosschevron-upchevron-down